Thursday, January 17, 2013

Cara Membuat Shortcut Keyboard Sebuah Program

Cara Membuat Shortcut Keyboard Sebuah Program

Pada Posting sebelumnya saya share 'Kumpulan Shortcut Keyboard dari A-Z (Lengkap)', sekarang saya lanjutkan dengan share 'Cara Membuat Shortcut Keyboard Sebuah Program'.

Shortcut Keyboard adalah sebuah shortcut/jalan pintas yang berupa kombinasi dari beberapa tombol atau hanya terdiri dari sebuah tombol yang fungsinya untuk menjalankan perintah pada sebuah perangkat komputer. Pada operating system windows terdapat shortcut keyboard standard seperti yang dapat Anda lihat di posting Saya sebelumnya, namun Anda jg di perkenankan membuat shortcut keyboard sendiri untuk menjalankan sebuah program. Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk membuat shortcut keyboard.


Screenshot & Langkah-langkah:

Cara Membuat Shortcut Keyboard Sebuah Program:

  1. Klik kanan program yang akan di buatkan shortcut keyboard sebagai contoh di sini Mozilla Firefox kemudian klik 'Properties'. Seperti pada gambar berikut ini.
  2. Cara Membuat Shortcut Keyboard Sebuah Program

  3. Lalu akan muncul kotak dialog 'Mozilla Firefox Properties', pada tab 'Shortcut' kemudian letakkan mouse pointer di dalam kotak 'Shortcut Key' lalu tekan kombinasi tombol 'Ctrl+Alt+Salah satu huruf yang Anda pilih' sebagai contoh di sini huruf 'F' maka kombinasi tombolnya menjadi 'Ctrl+Alt+F'. Seperti pada gambar di bawah ini.
  4. Cara Membuat Shortcut Keyboard Sebuah Program

  5. Selesai..!! Anda telah berhasil membuat Shortcut Keyboard untuk sebuah program. Sekarang ketika Anda tekan kombinasi tombol 'Ctrl+Alt+F' maka aplikasi Mozilla Firefox akan di eksekusi.

Nb. Anda dapat membuat kombinasi tombol Shortcut Keyboard sesuai selera.


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone