Tuesday, November 13, 2012

Cara Membuka File .ISO (Disc Image Files)

Cara Membuka File ISO (Disc Image Files)

Pada posting sebelumnya saya share 'SimplyIcon (Aplikasi Untuk Membuat Icon)', sekarang saya lanjutkan dengan share 'Cara Membuka File .ISO (Disc Image Files)'.

File .ISO adalah image CD atau yang sering disebut dengan replika dari sebuah CD. File ini di buat dengan menggunakan aplikasi burning seperti Daemon Tools, Nero, Power Iso, dan aplikasi lain sejenisnya. Jika sebuah CD dapat di buka atau di putar dengan menggunakan CD R (hardware), maka file .ISO ini di buka (mount) dengan menggunakan CD R virtual (CD R software).

Tutorial ini sebenarnya bukan hanya untuk membuka file .ISO saja, melainkan juga semua jenis disk image files yang berekstensi 'MDX, MDS, MDF, CCD, CUE, APE, FLAC, ISZ, CDI, B5T, B6T, BWT, NRG'. Baiklah berikut ini cara untuk membuka file .ISO dan semua jenis Disc Image Files.


Screenshot dan langkah-langkah:

Langkah-langkah untuk membuka file .ISO:

  1. Download dan install aplikasi 'Daemon Tools Lite v4.46.1' di sini. Proses installasi memerlukan system restart.
  2. Setelah 'Daemon Tools Lite' berhasil Anda install, maka akan muncul icon 'Daemon Tools' di sebelah kanan bawah taskbar, Anda klik kanan lalu sorot 'Virtual Devices' kemudian 'Device 0: [E] My Disc' (drive letter antara komputer satu dengan lainnya dapat berbeda) lalu klik 'Mount Image...', seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Cara Membuka File ISO (Disc Image Files)

  4. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, anda browse file ISO yang akan Anda buka lalu klik file tersebut kemudian klik 'Open'.
  5. Cara Membuka File ISO (Disc Image Files)

  6. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, Anda klik 'Open folder to view files'.
  7. Cara Membuka File ISO (Disc Image Files)

  8. Sampai di sini file ISO telah berhasil di buka, Anda dapat meng'copy atau membuka content yang ada di dalamnya. Seperti pada gambar di bawah ini.
  9. Cara Membuka File ISO (Disc Image Files)

  10. Kalau pada CD setelah Anda selesai meng'copy atau membuka content'nya biasanya Anda mengeluarkan CD tersebut bukan? Nah kalau pada Virtual CD Anda dapat melakukannya dengan cara meng'unmount'nya dengan cara klik kanan icon Daemon Tools Lite di kanan bawah taskbar lalu sorot 'Virtual Devices' kemudian 'Device 0: [E] My Disc' (drive letter antara komputer satu dengan lainnya dapat berbeda) lalu klik 'Unmount Image...', seperti pada gambar di bawah ini.
  11. Cara Membuka File ISO (Disc Image Files)


Nb. Anda dapat membuka file ISO dan semua jenis Disc Image Files dengan cara langsung doble klik file tersebut apabila sudah terintegrasi dengan aplikasi Daemon Tools Lite.


Bagikan posting ini di:
Comments
3 Comments

3 comments:

  1. Cara ini apa tidak mengganggu/merusak sistem operasi mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Adi Santoso.. Terima Kasih Telah Berkunjung di Amirabella Zone. Cara ini Sama Sekali Tidak Mengganggu Sistem, Apalagi Sampai Merusaknya.. Sudah Saya Uji Coba Seperti Yang Terlihat di Screenshot..

      Delete
  2. serial numbernya kaga ada mbak :(

    ReplyDelete

 
Related Posts Amirabella-Zone