Sunday, December 2, 2012

Cara Memotong File Menggunakan HJSplit

Cara Memotong File Menggunakan HJSplit

Pada Posting sebelumnya saya share 'Cara Membuat Zip Archive File', sekarang saya lanjutkan dengan share 'Cara Memotong File Menggunakan HJSplit'.

Internet di zaman sekarang ini sudah merupakan sebuah kebutuhan, dari kalangan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum hampir tidak ada yang tidak mengenal internet baik itu untuk keperluan browsing literasi, email, untuk mengakses situs jejaring sosial seperti facebook & twitter, upload files di hosting, maupun untuk keperluan lainnya. Khusus untuk keperluan upload files biasanya ada pembatasan maximum kapasitas per upload, masalahnya adalah apabila kita akan meng'upload file yang melebihi kapasitas maximum yang di tentukan. Oleh karena itu kita perlu untuk memotong file itu menjadi beberapa bagian agar dapat di upload untuk kemudian digabungkan lagi menjadi satu file yang utuh.

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk memotong file menggunakan HJSplit.


Screenshot & Langkah-langkah:

Langkah-langkah untuk memotong file menggunakan HJSplit:

  1. Download aplikasi HJSplit yang akan digunakan sebagai tools untuk memotong file di sini

  2. Siapkan file yang akan di potong menjadi beberapa bagian, apabila jumlah file banyak anda dapat mengumpulkan file tersebut dalam sebuah folder kemudian dijadikan zip archive, caranya dapat Anda baca di sini.

  3. Jalankan aplikasi 'HJSplit' lalu klik 'Split', Seperti pada gambar di bawah ini.
  4. Cara Memotong File Menggunakan HJSplit


  5. kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, Anda klik 'Input File' lalu browse file yang akan di potong (split), kemudian Anda tentukan ukuran potongan file pada 'Split File Size' dropdown menu (sebagai contoh di sini file saya split per 20Mb) lalu klik 'Start' (Anda tunggu prosesnya sampai selesai).
  6. Cara Memotong File Menggunakan HJSplit

    Cara Memotong File Menggunakan HJSplit


  7. Selasai..!! Anda telah berhasil memotong file menjadi beberapa bagian, hasil split file akan berada di directory yang sama dengan file sumbernya, kecuali jika Anda mengganti lokasi output'nya.
  8. Cara Memotong File Menggunakan HJSplit


Nb. Cara untuk menggabungkan file yang telah di potong (split) menggunakan aplikasi HJSplit dapat Anda baca di sini.


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone