Thursday, November 29, 2012

Cara BackUp System Windows 7

Cara BackUp System Windows 7

Pada Posting sebelumnya saya share 'Cara Mempercantik Folder Pada Windows 7', sekarang saya lanjutkan dengan share 'Cara BackUp System Windows 7'.

Backup adalah salinan dari sebuah data yang dapat digunakan sebagai cadangan data apabila suatu ketika data hilang entah karena rusak maupun faktor lainnya. Pada operating system windows 7 tersedia feature 'Backup and Restore' yang berfungsi untuk mem'backup keseluruhan system. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada windows kita kedepannya, apalagi bagi user yang sering browsing di internet yang mana serangan malware bisa terjadi kapan saja walaupun komputer kita telah di pasang antivirus namun itu bukan jaminan windows kita aman. Oleh karena itu kita perlu untuk segera membuat backup dari system windows kita agar apabila terjadi system failur kita dapat mengembalikannya (restore) ke keadaan pada saat kita melakukan backup.

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk melakukan backup system khususnya operating system windows 7.


Screenshot & Langkah-langkah:

Langkah-langkah untuk backup system windows 7:

  1. Klik 'Start\control panel\System and security\Backup and restore' kemudian klik 'Set up backup', seperti pada gambar di bawah ini.
  2. Cara BackUp System Windows 7


  3. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, Anda pilih tempat untuk menyimpan backup sebagai contoh di sini Local Disk D: kemudian klik 'Next'. Apabila muncul peringatan seperti pada gambar di bawahnya Anda klik 'OK'.
  4. Cara BackUp System Windows 7

    Cara BackUp System Windows 7


  5. Lalu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, Anda klik 'Next'.
  6. Cara BackUp System Windows 7


  7. Lalu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, Anda klik 'Change schedule' di sini saya rekomendasikan untuk 'disable' scheduled backup dengan cara menghilangkan tanda conteng di depan Run backup on schedule (recommended) kemudian klik 'OK'.
  8. Cara BackUp System Windows 7

    Cara BackUp System Windows 7


  9. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini, Anda klik 'Save settings and run backup'.
  10. Cara BackUp System Windows 7


  11. Lalu proses backup di mulai seperti pada gambar di bawah ini, Proses backup membutuhkan waktu kira-kira 30 menit atau 1 jam tergantung besarnya kapasitas system yang di backup, Anda tunggu prosesnya sampai selesai!
  12. Cara BackUp System Windows 7


Nb. Sangat di sarankan agar Anda segera membuat 'System Repair Disc' yang dapat Anda gunakan untuk me'repair maupun me'restore system ketika terjadi failure.


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone