Tuesday, November 27, 2012

Cara Praktis Membuat Images Icon

Cara Praktis Membuat Images Icon

Pada Posting sebelumnya saya share 'Cara Menggabungkan File ._a, ._b, ._c dst', sekarang saya lanjutkan dengan share 'Cara Praktis Membuat Images Icon'.

Icon adalah sebuah images file yang berekstensi (.ico). File ini di perlukan pada saat kita akan melakukan customization sebuah folder, untuk di jadikan sebagai favicon pada sebuah halaman website, untuk dijadikan sebagai icon pada self extracting files agar terlihat lebih menarik dan untuk keperluan lainya yang membutuhkan file images berekstensi (.ico). File icon dapat dengan mudah kita download dari internet, namun akan lebih baik apabila kita dapat membuatnya sendiri. Do you agree with me?

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk membuat Images Icon.


Screenshot & Langkah-langkah:

Langkah-langkah untuk membuat images icon:

  1. Download aplikasi 'SimplyIcon' di sini.
  2. Siapkan image file yang akan di convert menjadi file icon seperti file (.jpg, .png, .psd, .bmp, .tga, .tif). Kemudian Jalankan aplikasi 'SimplyIcon', lalu drag and drop image yang akan di convert menjadi file .ico ke dalam kotak yang di beri tanda panah seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Cara Praktis Membuat Images Icon

    Cara Praktis Membuat Images Icon

  4. Selesai..!! Anda telah berhasil membuat icon! (file .ico yang telah di buat akan berada di directory yang sama dengan file image sumbernya).

Nb. Agar aspek rasio dari source image tidak berubah Anda perlu melakukan cropping terlebih dahulu sebelum dijadikan image icon dengan rasio sama sisi sebagai contoh (128px X 128px) menggunakan aplikasi photo editor. Anda dapat mencoba PhotoScape yang dapat Anda download di sini.


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone