Tuesday, October 9, 2012

Apa Itu HTML?

Apa Itu HTML

HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language. HTML itu sendiri adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Asal Mula HTML bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). Versi terakhir HTML saat ini yaitu HTML 5.

HTML merupakan sekumpulan perintah-perintah yang lebih di kenal dengan sebutan (TAG). Tag-tag pada HTML berfungsi mengintegrasikan elemen-elemen sebuah halaman web agar menjadi sebuah tampilan yang dinamis. Format penulisan tag pada HTML berupa tag pembuka dan tag penutup. Setiap tag di Akhiri dengan tag Penutup, kecuali tag <!DOCTYPE html> yang tidak memiliki tag penutup.

Contoh dokumen HTML sederhana:

    <!DOCTYPE html>
    <html>
    <head>
    <title> Ini adalah title dokumen HTML </title>
    </head>

    <body>

    <h1> Ini Adalah Judul. </h1>

    <p> Ini Adalah Paragraf. </p>

    </body>
    </html>

Dari contoh diatas terlihat bahwa dokumen HTML diawali dengan Tag <html> dan di Akhiri dengan tag </html> sebagai tag penutup. Kemudian Tag <head>, <title>, <body>, <h1>, <p>, Juga di akhiri dengan tag penutupnya. Khusus untuk tag <!DOCTYPE> saja yang tidak memerlukan tag penutup dan tag tersebut tidak di eksekusi oleh browser melainkan hanya sebagai keterangan atau comment sebuah dokumen HTML.

Fungsi-fungsi Tag pada dokumen HTML sederhana diatas:

TAG FUNGSI
<!DOCTYPE> Keterangan Jenis Dokumen
<html> Tag HTML
<head> Header sebuah dokumen HTML
<title> Title Sebuah dokumen HTML
<body> Isi dari dokumen HTML
<h1> Judul dari sebuah artikel
<p> Paragraf dari sebuah artikel

Dokumen HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi text editor misalnya Notepad, bisa juga dengan menggunakan aplikasi Web Design seperti Dreamweaver, dan masih banyak lagi aternatif aplikasi yang bisa di gunakan. Cara membuat dokumen HTML menggunakan Notepad bisa dilakukan dengan menuliskan contoh dokumen HTML diatas kemudian simpan dengan format (nama-dokumen.html) namun pada pilihan “Save as Type” terlebih dahulu diganti dengan “All Files”. Hal tersebut sangat penting dilakukan karena apabila “Save as Type”nya tidak di ubah menjadi “All Files” maka dokumen yang di buat tersimpan sebagai dokumen “txt” biasa bukan dokumen HTML.


Reference:

  • http://www.w3schools.com/html/default.asp
  • http://id.wikipedia.org/wiki/HTML


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone