Sunday, October 14, 2012

Apa itu Virtual Machine?

Apa itu Virtual Machine?

Pada posting sebelumnya saya share aplikasi Avira Free Antivirus 2013, sekarang saya ingin membahas tentang 'Apa itu Virtual Machine?'.

Virtual Machine atau mesin virtual (VM) adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. Virtual Machine pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali.

Contoh, Sebuah komputer dengan operating sistem windows 7 dapat memiliki beberapa operating sistem lain yang ada di dalamnya dengan menggunakan teknologi Virtual Machine. Teknologi ini membuat kita seperti memiliki banyak komputer di dalam satu hardware. Salah satu manfaatnya adalah kita dapat menguji coba operating system baru dengan menginstalnya kedalam virtual machine tanpa mengganggu stabilitas operating system utama kita, karena operating system tersebut berdiri sendiri seperti layaknya sebuah komputer yang berbeda.


Screenshot Linux Kubuntu 11.10 on My Windows 7:


Reference:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Virtual_machine


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone