Tuesday, October 23, 2012

Cara Transfer File Antar Komputer Menggunakan Wi-Fi

Cara Transfer File Antar Komputer Menggunakan Wi-Fi

Pada posting sebelumnya saya share aplikasi Free MP3 Cutter, Joiner & Splitter, sekarang saya lanjutkan dengan share 'Cara Transfer File Antar Komputer Menggunakan Wi-Fi'.

Wi-Fi merupakan teknologi wireless yang sangat populer. Perangkat komputer masakini khususnya laptop, notebook maupun netbook dilengkapi dengan perangkat Wi-Fi untuk browsing internet melalui Hotspot. Selain untuk browsing internet melalui Hotspot Wi-Fi juga dapat kita manfaatkan untuk transfer file antar komputer namun kita perlu melakukan configurasi terlebih dahulu. Dengan kecepatan transfer file mencapai 54 Mbps dan jangkauan sejauh 30 feet (sekitar 10 m2) Wi-Fi sangat efisien untuk digunakan sebagai sarana transfer file.

Baiklah berikut ini langkah-langkah konfigurasi agar komputer kita dapat mentransfer file melalui Wi-fi. Tutorial ini saya buat untuk operating system windows 7.


Langkah konfigurasi:

Langkah-langkah konfigurasi Wi-Fi & files sharing pada Komputer Server:

  1. Membuat Ad-hoc connection, langkah-langkahnya sebagai berikut:
    • Masuk ke (Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center) kemudian klik 'Set up a new connection or network'. seperti pada gambar dibawah ini.
    • Kemudian akan muncul kotak dialog 'choose a conection options', lalu anda pilih 'Set up wireless ad hoc (computer-to-computer) network' kemudian klik 'Next'.
    • Lalu akan muncul kotak dialog 'set up an ad hoc network' seperti gambar dibawah ini, kemudian Anda klik 'Next'.
    • Kemudian akan muncul kotak dialog 'Give your network a name and choose security options' seperti pada gambar dibawah ini. Pada kotak 'Network name' Anda isikan nama network yang Anda suka. Pada kotak 'Security type' Silahkan Anda pilih 'WEP'. kemudian pada kotak 'Security key' Anda isi 'password network' Anda dengan ketentuan panjang password untuk 'WEP security type' yaitu (5 atau 13 karakter) untuk case sensitive characters dan (10 atau 26 karakter) untuk hexadecimal case sensitive characters. setelah itu lalu Anda 'tick' (beri tanda centang) pada kotak di depan 'Hide characters' untuk menyembunyikan karakter password, kemudian beri tanda centang juga pada kotak di depan 'Save this network' agar network yang sedang Anda buat tersimpan. Jika semuanya sudah Anda isikan dengan benar, kemudian klik 'Next'.
    • Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini. Sampai disini proses konfigurasi 'Ad-hoc' selesai dan komputer Anda sudah siap menjadi server Wi-Fi atau WLAN. Lalu Anda klik 'Close' untuk menutup kotak dialog tersebut.

  2. Lakukan konfigurasi pada 'Advanced sharing settings', langkah-langkahnya sebagai berikut:
    • Masuk ke (Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center) kemudian klik 'Change Advanced sharing settings'. seperti pada gambar dibawah ini.
    • Kemudian lakukan konfigurasi 'Change sharing options for different network profiles' agar Anda dapat mentransfer dokumen ke komputer lain yang terkoneksi dengan komputer Anda melalui Ad-hoc connection yang baru saja Anda buat seperti pada gambar dibawah ini, jangan lupa klik 'Save Changes' setiap selesai melakukan konfigurasi.
    • Home or Work

      Public (current profile)


  3. Tentukan folder yang akan Anda Sharing langkah-langkahnya sebagai berikut:
    • Klik kanan folder yang akan anda sharing kemudian sorot menu 'share with' lalu pilih 'Specific people...'. seperti pada gambar dibawah ini.
    • Kemudian akan muncul kotak dialog 'Choose people to share with'. Silahkan Anda pilih 'Everyone' lalu klik 'Add'. Seperti pada gambar dibawah ini.
    • Setelah itu Anda klik 'Share' seperti pada gambar dibawah ini.
    • Kemudian akan muncul kotak dialog 'Your folder is shared' lalu Anda klik 'Done' seperti pada gambar dibawah ini. Sampai disini Anda telah berhasil menentukan folder yang akan di sharing.

Langkah-langkah konfigurasi Wi-Fi & files sharing pada Komputer Clien:

  1. Lakukan konfigurasi seperti pada point 2 & 3 pada komputer server.
  2. Lakukan koneksi dengan komputer server, langkah-langkahnya sebagai berikut:
    • Klik icon network di sebelah kanan taksbar, kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini. Pada 'Wireless Network Connection' yang tersedia klik 'Wi-fi komputer server' sebagai contoh 'Amirabella-Zone' lalu klik 'Connect'. (langkah ini sama persis dengan ketika Anda melakukan koneksi dengan hotspot).
  3. Selesai..!!
    • Sekarang Anda dapat mulai melakukan 'files sharing' antar komputer melalui Wi-fi. Untuk browse file di 'Network' silahkan anda buka windows explorer dan klik 'Network' seperti pada gambar dibawah ini. Apabila network belum terlihat, lakukan 'refresh'.

Nb. Apabila network tidak berjalan seperti apa yang seharusnya, lakukan 'system restart' baik pada komputer server maupun clien.


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone