Monday, October 8, 2012

Kiprah Dompet Dhuafa Hong Kong Untuk Pemberdayaan BMI Hong Kong & Macao

Kiprah Dompet Dhuafa Hong Kong Untuk  Pemberdayaan BMI  Hong Kong & Macao

Bila kita mendengar DDHK pasti para BMI di Hong Kong sudah hafal betul dengan Non Government Organization (NGO) ini yang kiprahnya dapat dirasakan bagi para BMI Hong Kong & Macao. Bukan saja tentang keagamaan tapi juga tentang pendidikan dan kemanusiaan yang mana kita sebagai BMI tentu saja mempunyai beban berat baik lahir maupun bathin. Dengan adanya program-program yang diadakan oleh DDHK untuk para BMI Hong Kong & Macao membawa pengaruh yang sangat besar sekali terutama mengajak para BMI untuk terus mengingat Akhirat disela-sela kita sibuk mengejar gemerlapnya dunia apa lagi kita sebagai BMI Hong Kong & Macau yang sering kali terlena dengan indahnya suasana Negara Hong Kong & Macau yang menganut kebebasan dalam pergaulan. Sering kali kita lepas kendali melupakan sejatinya diri kita berasal sehingga terperosok jauh melupakan kebenaran, DDHK sering hadir untuk memberikan siraman rohani untuk mengajak BMI kembali kejalan yang benar. Secara tidak langsung hal ini telah memberi manfaat yang sangat besar sekali.

Pengalaman pribadi saya adalah waktu menjelang Lebaran ketika pertama kali saya berada di Hong Kong terus terang saya kebingungan untuk melaksanakan rukun Islam yang ke tiga yaitu Zakat, saya berfikir apa iya ada tempat untuk saya menyempurnakan Ibadah Zakat tersebut ditengah masyarakat yang notabene non-Islam. Tapi ketika hari libur saya berjalan-jalan di Causeway Bay hati saya benar-benar terharu sekali melihat beberapa sosok manusia memakai tanda nama bertuliskan Volunteer Zakat DDHK ketika saya dekati ternyata mereka adalah volunteer-volunteer dari DDHK yang tidak mengenal lelah untuk mengingatkan para BMI menyempurnakan Ibadah Zakat saya sampai menitikkan air mata waktu itu, itulah kali pertama saya melakukan Ibadah Zakat Fitrah dengan perasaan yang campur aduk bahagia karena ditengah-tengah masyarakat yang non-Muslim tapi tetap bisa melaksanakan ibadah tersebut dan juga terharu dengan adanya volunteer dari DDHK yang dengan tulus ikhlas bersedia membantu para BMI menyempurnakan ibadah Zakat Fitrah saya pribadi sangat beretima kasih sekali kepada DDHK sehingga tahun-tahun berikutnya saya tidak usah kebingungan lagi.

Seringnya DDHK mengadakan pelatihan dan seminar untuk BMI menjadikan BMI berwawasan luas dan menumbuhkan rasa percaya diri BMI dengan kursus-kursus yang diadakan DDHK membuat BMI makin berkreatifitas dan memanfaatkan hari libur mereka dengan sesuatu yang sangat berguna bagi masa depan mereka dan untuk bekal mereka ketika kembali ketanah air nantinya. Secara tidak langsung DDHK juga ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan pendidikan non formal kepada BMI dengan tanpa pamrih dan imbalan sepeserpun, salut buat DDHK semoga kiprahmu untuk BMI tidak akan sia-sia menumbuhkan BMI yang cerdas, tangguh, dan selalu mengingat Allah dimanapun mereka berada. Kiprahmu dalam bidang kemanusiaan sudah bukan rahasia umum dengan menyediakan shelter (Rumah Penampungan) untuk BMI yang bermasalah atau membutuhkan tempat tinggal yang biasanya mereka adalah para BMI yang teraniaya minta perlindungan seperti di Macau banyak BMI yang Overstay tidak bisa pulang ke tanah air bahkan terancam dipenjara DDHK memfasilitasi tiket untuk mereka yang overstay agar bisa kembali ke tanah air dan masih banyak lagi yang sering saya dengar dan baca dikoran-koran gratis berbahasa Indonesia yang sangat mudah didapat di Hong Kong dan Macao. DDHK sering menghiasi lembaran-lembaran itu baik tentang agenda yang akan DDHK adakan atau acara lainya yang selalu melibatkan para BMI bahkan dengan semakin berkembangnya teknologi DDHK bisa diakses dengan mudah melalui internet dan jejaring sosial seperti facebook (FB) yang saya yakin semua BMI di Hong Kong dan Macau mempunyai akun FB sehingga sudah pasti mengetahui kiprah DDHK.

Pantaslah kiranya BMI terus berharap Organisasi seperti DDHK tidak akan pernah lelah untuk melindungi, membimbing, dan membantu BMI agar terwujud citra BMI yang baik dan berbudi luhur serta sejahtera dunia maupun akhirat. Tidak perlu kiranya saya menuliskan panjang lebar tentang kiprah DDHK untuk Memberdayakan BMI Hong Kong dan Macao karena saya yakin para BMI sudah mengetahuinya atau bahkan merasakan langsung manfaat adanya DDHK, yang terbentuk untuk kemaslahatan umat.

PUTRI AMIRABELLA "LOMBA BLOG DOMPET DHUAFA HONG KONG".


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone