Thursday, October 4, 2012

Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Apabila kita mendengar kata “Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar” tentu saja kita langsung mengetahui apa yang dimaksud. Ya benar sekali! itu adalah Bahasa Indonesia yang Baku. Lalu apakah yang dimaksud dengan Bahasa Indonesia yang Baku? Tentu saja jawabannya adalah Bahasa Indonesia yang telah di bakukan. Ya Benar sekali! Bahasa Indonesia yang telah di bakukan.

Lalu apa yang perlu untuk di bahas kalau anda semua sudah mengetahuinya? Baiklah mari kita bersama-sama menyelidiki lebih jauh lagi mengenai Bahasa Indonesia. Sambil bergaya seperti detektif!

Bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau (wilayah Kepulauan Riau sekarang) dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan "Bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan. Proses ini menyebabkan berbedanya Bahasa Indonesia saat ini dari varian bahasa Melayu yang digunakan di Riau maupun Semenanjung Malaya. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.” Silahkan Baca Selengkapnya di sini.

Dari kutipan tersebut diatas kita dapat mengetahui bahwa Bahasa Indonesia terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Ya benar! Semua itu dikarenakan oleh kultur Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan dengan ragam bahasa daerah yang berbeda-beda yang merupakan unsur penting dari Bahasa Indonesia. Disamping itu Bahasa Indonesia juga banyak menyerap kosa kata bahasa asing dari berbagai negara yang kita sebut sebagai Bahasa Indonesia serapan.

Sekarang bisa kita simpulkan bahwa Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah? Ya benar sekali! Kosa kata bahasa indonesia yang telah terindeks dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan telah dibakukan sebagai bahasa Indonesia Formal. Pertanyaannya adalah:

  1. Dialek seperti apakah yang disebut sebagai Bahasa Indonesia yang baik dan benar?
  2. Apakah pengucapan Bahasa Indonesia dengan dialek daerah asal bisa di katakan seseorang telah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Untuk menjawab dua pertanyaan tersebut diatas tentu tidaklah mudah. Mari kita tengok bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku dengan bahasa daerah dan dialek yang berbeda-beda yang sudah pasti berbeda pula dalam pelafalan kosa kata Bahasa Indonesianya. Oleh karena itu, sepanjang seseorang telah menggunakan Bahasa Indonesia yang baku (Kosa kata yang terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia yang telah dibakukan sebagai bahasa formal) maka seseorang tersebut dapat dikatakan telah mengguanakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Contoh:

Formal
(Bahasa Indonesia Yg Baik dan Benar)

Informal
(Bahasa dalam pergaulan)

  • Aku, Saya
  • Kamu
  • Memang
  • Rapat
  • Saya pamit dulu
  • Gue, Enyong, Kulo, Abdi,.. dll
  • Elo, Situ, Panjenengan.. dll
  • Embeeerrr, Pancen.. dll
  • Meeting, Kumpulan.. dll
  • Gue cabut dulu

Sesuai dengan semboyan negara kita “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya “Walaupun Berbeda-beda Namun Tetap Satu Jua”. Mari kita gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar meskipun berbeda-beda dialek bahasanya.

PUTRI AMIRABELLA "LOMBA BLOG DOMPET DHUAFA HONG KONG".


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone