Wednesday, October 24, 2012

Cara Membuat Hotspot Menggunakan Laptop Maupun Desktop

Cara Membuat Hotspot Menggunakan Laptop Maupun Desktop

Pada posting sebelumnya saya share aplikasi Cara Transfer File Antar Komputer Menggunakan Wi-Fi, untuk melengkapinya sekarang saya lanjutkan dengan share 'Cara Membuat Hotspot Menggunakan Laptop Maupun Desktop'.

Hotspot merupakan area yang menyediakan akses internet menggunakan teknologi wireless local area network (WLAN). Hotspot banyak kita temukan di tempat-tempat perbelanjaan, kampus, cafe, kantor, taman kota, dan bahkan di sekolah-sekolah pun banyak yang sudah menyediakan hotspot. Hotspot memiliki banyak manfaat, sebagai contoh bagi pemilik cafe hotspot dapat mendatangkan pengunjung yang berimbas pada kenaikan pendapatan. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, kini kita dapat dengan mudah membuat hotspot sendiri menggunakan laptop maupun desktop.

Baiklah berikut ini langkah-langkah konfigurasi untuk membuat hotspot menggunakan laptop maupun desktop. Tutorial ini saya buat pada operating system windows 7 dengan modem Sierra Wireless Aircard 880U.


Langkah konfigurasi:

Langkah-langkah konfigurasi untuk membuat hotspot:

  1. Desktop atau Laptop yang terkoneksi dengan internet baik itu menggunakan wireless modem maupun ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line).
  2. Harus dipastikan laptop atau desktop terpasang WLAN Card.
  3. Lakukan konfigurasi dengan langkah-langkahnya sebagai berikut:
    • Saya asumsikan Anda sudah dapat membuat Ad-hoc connection, apabila Anda belum mengetahuinya silahkan baca artikel Saya tentang Cara Transfer File Antar Komputer Menggunakan Wi-Fi.
    • Masuk ke (Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center) kemudian klik 'Local area connection 2'. seperti pada gambar dibawah ini.
    • Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini, Anda klik 'Properties'.
    • Lalu akan muncul kotak dialog baru kemudian ada klik tab 'Sharing' seperti pada gambar dibawah ini, Anda beri tanda centang pada kotak di depan 'Allow other network users to connect through this computer's internet connection'. Kemudian pada dropdown list 'Home networking connection' Anda pilih 'Wireless Network Connection'. Lalu Anda klik tombol 'Setting...'.
    • Kemudian akan muncuk kotak dialog baru, Anda beri tanda centang pada kotak di depan setiap parameter yang ada seperti pada gambar dibawah ini, lalu klik 'OK'.
    • Lalu akan kembali ke kotak dialog sebelumnya seperti pada gambar dibawah ini, Anda klik 'OK'.
    • Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini, Anda klik 'Close' untuk menutupnya.
    • Lakukan koneksi pada Ad-hoc network Anda dengan cara klik icon network disebelah kanan bawah taskbar lalu klik wireless network komputer Anda kemudian klik 'Connect'. Sebagai contoh 'Amirabella-Zone' seperti pada gambar dibawah ini.
    • Selesai..!! sekarang seharusnya hotspot anda sudah dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Nb. Apabila hotspot tidak berjalan seperti apa yang seharusnya, lakukan 'system restart'.


Bagikan posting ini di:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Amirabella-Zone